Kamis, 11 Juli 2013

#RamadhanBercerita 1st : Ada Knalpot Vespa Gak?



Perkenalkan, Gusti Bagus Rama Maha Putra, mahasiswa sastra inggris semester 2 hobby Ber-minesweeper-ria dan berbulu mata lentik, seorang minoritas dari bali yang berusaha survive ditengah desakan  mayoritas dan celana dalam yang kesempitan.

Tidak banyak hal yang bisa minoritas lakukan dilingkungannya pada saat bulan Ramadhan. Bukan masalah boleh atau tidak, tapi patut atau tidak untuk dilakukan. Karena pada dasarnya, pancasila ada lima. Kalo Mas Panca itu tukang jual pulsa deket rumah.

Hal-hal tersebut contohnya, makan didepan orang yang sedang berpuasa,  mengganggu orang yang lagi tarawih, apalagi menyembunyikan kubah masjid. Bahaya. Selain berat, kegiatan tersebut tidak ada fungsinya, hanya akan membuka jalan lebih lebar untuk pergi ke neraka, walaupun neraka-nya beda. 

Efek samping apabila kita melakukan hal yang tidak mencerminkan toleransi kehidupan beragama akan berakibat fatal. Apalagi sebagai minoritas. (lap air mata). Tapi Ramadhan tahun lalu saya punya cerita tentang pengalaman saya pertama kali menjadi minoritas di Malang.

Ramadhan tahun lalu saya sudah berada di malang dan resmi menjadi minoritas yang kesepian. Kenapa? Karna saya baru disini, temen cuma dikit, pacar jauh, Tuhan apalagi.
Di suatu siang, panas terik matahari mulai menyengat bagai lebah, hawa panas mulai menjilat-jilat, kemudian diblowjob. Lapar dan haus menyerang pada saat itu, karna kebetulan saya dirumah dengan nenek saya dimana dia adalah seorang muslim dan tentunya tidak masak karna puasa. Nenek saya merupakan ancaman buat warga sekitar ketika bulan puasa, kenapa? Karna nenek saya yang berumur tujuh puluhan tersebut hobby pake rok dalem ber-renda warna putih dan Cuma pake bra, walaupun hanya didalam rumah. Ini serius. 

Bayangkan.

Bayangkan..

Bayangkan…

Kalo ga bisa membayangkan, bisa ikut ke rumah, asuransi diluar tanggungan panitia.
Ehm, akhirnya saya memutuskan untuk pergi keluar rumah untuk mencari sesuap nasi. Siang-siang keliling malang dan akhirnya menemukan sebuah tempat makan bertajuk Mie Pangsit Mawar. Kasian, mungkin sejenis tempat makan yang sering dikambing-hitamkan. 

Saya masuk dan suasana benar-benar sepi, hanya ada 3 orang pramusaji yang melihat saya dari atas ke bawah dan seorang bapak-bapak berseragam guru yang duduk mojok banget. Bapak-bapak tersebut melihat saya terus. Saya liat balik, bapak itu juga, saya liat lagi, masih juga, saya kayang, bapak itu meroda.  Pokoknya aneh, terlebih 3 pramusaji yang daritadi memandangi dengan tatapan seolah-olah saya adalah tukang sodomi knalpot Vespa

Akhirnya saya memberanikan diri untuk bersuara,

Saya                    : Mbak, Mie pangsitnya satu?
Pramusaji             : Abis mas! (sambil ngelap mangkok)
Saya                    : Mie Ayam deh?
Pramusaji             : Abis juga mas. (masih ngelap mangkok.)
Saya                    : Trus adanya apa mbak?
Pramusaji             : Semua abis, tinggal nasi putih sama bali telor. Kalo mau saya ambilin, kalo engga, gapapa mas. (Kali ini sambil ngelapin mangkok temennya.)

Tunggu-tunggu, ini lumayan jadi pertanyaan dibenak saya, mungkin dibenak kalian semua juga. Bulan Puasa, tapi makanan udah abis semua, apa penyebabnya? apakah disini tadi banyak minoritas kelaparan seperti saya? Atau memang masak sedikit? Atau SBY ga punya biji? Dengan segenap rasa penasaran kemudian saya menjawab lalu bertanya.

Saya                   : Boleh deh mbak, eh tapi kok bisa abis semua?
Pramusaji            : Bisa mas, kehendak Tuhan
Saya                   : …….
Pramusaji            : Nambah apalagi mas?
Saya                   : Ada knalpot Vespa yang bisa disodomi gak?

Kemudian datanglah pesanan tersebut, dengan wajah berbinar-binar saya  melahapnya. Tak berapa lama, bapak-bapak tadi mendatangi saya dengan anggun. Kemudian duduk disamping saya  lalu membuka sebuah dialog formalitas. 

Bapak2      : “Engga puasa ya mas.”
Saya           : “Kebetulan engga pak, soalnya saya..”
Bapak2      : *langsung nyamber* Oh gapapa mas, bapak juga gak puasa, hehe.
Saya           : Oooh, iyaa pak.
Bapak2      : Bapak tadi mojok soalnya malu kalo diliat orang pas lagi makan mas, untung mas dateng, jadi ga terlalu malu, ada temennya, HAHAHAHAHAHA (tau kan ketawa bapak-bapak gimana?)
Saya          : Haha, haha, haha, haha, (ketawa garing, sambil sesekali nasi dari mulut berpindah  ke mulut      bapak tersebut)
Bapak2      : Nama saya heru mas, saya, guru di SD ***********. Saya dari tulungagung. Mas nya?
Saya           : Saya rama pak, dari bali, kebetulan kuliah dimalang.
Bapak2       : Dari bali?
Saya            : Iya pak, saya baru sebulan di Malang.
Bapak2       : Muslim?
Saya           : bukan pak, hindu.
Bapak2       : ….
Saya           : Kenapa pak?
Bapak2       : Ada knalpot Vespa gak?

Dan bapak-bapak itu berlalu seiring dengan habisnya makanan di piring saya.





4 komentar: